ARSITEKTUR DAN ORGANISASI KOMPUTER
ARSITEKTUR DAN ORGANISASI KOMPUTER
Oleh:
Miftakhu Rizky
NIM: 23102021
INSTITUT TEKNOLOGI SAINS DAN
KESEHATAN
RS DR.SOEPRAOEN
KATA PENGANTAR
BAB 1
Pengantar Arsitektur dan Organisasi Komputer
A. Definisi Komputer
Hal lain yang berhubungan dengan istilah komputer adalah Teknologi Informasi (TI), namun sudah menjadi definisi umum bahwa istilah teknologi informasi identik dengan kumputer. Pada intinya istilah Teknologi Informasi (Information Technology /IT) adalah teknologiyang memanfaatkan komputer sebagai perangkat utama untuk mengolah data menjadi informasi yang bermanfaat.
Pengolahan data dengan komputer tersebut juga dikenal dengan istilah Pengolahan data Elektronik (PDE) / Electronic Data Processing (EDP), yang didefinisikan sebagai proses manipulasi data kedalam bentuk yang lebih berguna berupa suatu informasi dengan menggunakan komputer.
B. Kemampuan Komputer
Suatu komputer memiiki kemampuan sebagai berikut:
1. Komputer mempuyai kecepatan dan ketepatan dalam mengolah data dan
menghasilkan informasi.
2. Kemampuan kapasitas penyimpanan data dalam memori atau simpanan luar
seperti harddisk saat ini terjadi peningkatan kapasitas yang sangat luar biasa.
3. Kemampuan-kemampuan lain yang dimiliki komputer adalah kecepatan mengirim
data dalam format apapun antar komputer dalam jaringan wilayah lokal, regional,
maupun global.
Kecepatan akses data dalam sebuah operasi komputer dintakan dalam satuan seperti Millisecond (ms), Microsecond (ms), Nanosecond (ns), Picosecond (ps). Satuan Picosecond (ps), merupakan satuan waktu yang paling cepat dalam sebuah akses komputer.
Misalnya manusia dapat menyelessiksn suatu perhitungan pertambahan dalam waktu 1 detik. Bila kecepatan komputernya adalah picosecond. 1 detik operasi pertambahan yang dilakukan oleh komputer akan diselesaikan oleh manusia dalam waktu 1 triliun detik atau 31709 tahun.
C. Karakteristik Komputer
Komputer memiliki karakteristik sebagai berikut:
melakukan aktifitasnya akan bersifat statis.
2. Komputer mampu menyimpan data yang besar dan dalam waktu yang lama, dan
sifat data yang disimpan bersifat dinamis, dimana sewaktu-waktu data dapat
dilakukan perubahan dan pembaharuan jika dikehendaki.
3. Komputer bisa melakukan pengurutan dan pencarian dalam waktu yang singkat
dalam hitungan detik bahkan milidetik meskipun jumlah data sangat besar.
Bahkan pengurutan dengan komputer bisa dilakukan secara menaik (ascending)
atau pengurutan menurun (descending) dalam waktu sekejap.
4. Komputer mampu mengolah data perhitungan yang besar dengan cepat dan
akurat. Perhitungan aritmatika, logika, dan perhitungan apapun bisa dilakukan
dengan presisi yang mendekati seratus persen kebenarannya. Komputer yang
berkembang saat ini dalam perhitungan aritmatik. komputer sanggup melakukan
perhitungan sampai jutaan triliun dengan angka desimal yang bisa dikatakan tak
terhingga.
5. Komputer juga mampu menerima dan mengeluarkan data atau informasi yang
besar dalam waktu yang cepat.
D. Keterbatasan Komputer
Berdasarkan kemampuannya, komputer juga memiliki keterbatasan,
sebagai berikut :
1. Komputer tidak bisa berpikir secara dinamis, seperti manusia. Manusia berpikir
akan diikuti atas perasaan dan naluri yang bisa menimbulkan reaksi senang,
sedih, dan sebagainya, sehingga dalam pengambilan keputusan manusia
mendasarkan pada pikiran dan perasaan (hati), sedangkan komputer hanya
berdasarkan perhitungan saja.
2. Pekerjaan yang dilakukan komputer bisa mengurangi tenaga kerja manusia,
akibatnya banyak tenaga manusia yang tidak terpakai, sehingga banyak timbul
pengangguran.
3. Data yang tersimpan dalam komputer memiliki resiko yang lebih tinggi, karena
dimungkinkan bisa diambil atau disadap oleh pengguna lain (hacker), meskipun
telah diberi pelindung program atau password. Seperti terjadinya pemalsuan
transaksi seperti di perbankan dan pembobolan kartu kredit.
E. Struktur Dan Fungsi Utama Komputer
Struktur internal komputer meliputi : Central Processing Unit(CPU), Memori Utama,
I/O, Sistem Interkoneksi
CPU Interkoneksi. Lihat gambar 3.
masukan/keluaran (I/O devices) seperti printer, monitor, keyboard, mouse, dan
modem.
Fungsi dasar sistem komputer meliputi : Operasi Pengolahan Data, Penyimpanan
Data, Operasi Pemindahan Data dan Operasi Kontrol, yang dapat dilihat pada gambar
dibawah ini:
komputer sebagai fungsi operasi pemindahan data. Gambar b operasi penyimpanan
data sementara c dan d fungsi komputer sebagai fungsi operasi pengolahan data.
BAB 2
Evolusi dan Kinerja Komputer
A. Sejarah Singkat Komputer
1. Sebelum Tahun 1940
Sejak dahulu kala, proses pengolahan data telah dilakukan oleh manusia. Manusia
juga menemukan alat-alat mekanik dan elektronik untuk membantu manusia dalam
penghitungan dan pengolahan data supaya bisa mendapatkan hasil lebih cepat.
Komputer yang kita temui saat ini adalah suatu evolusi panjang dari penemuan-
penemuan manusia sejak dahulu kala berupa alat mekanik maupun elektronik. Saat
ini komputer dan piranti pendukungnya telah masuk dalam setiap aspek kehidupan
dan pekerjaan.
Komputer yang ada sekarang memiliki kemampuan yang lebih dari sekedar
perhitungan matematik biasa. Diantaranya adalah sistem komputer di kassa
supermarketyang mampu membaca kode barang belanjaan, sentral telepon yang
menangani jutaan panggilan dan komunikasi, jaringan komputer dan
internet yang
menghubungkan berbagai tempat di dunia. Bagaimanapun juga alat pengolah data
dari sejak jaman purba sampai saat ini bisa kita golongkan ke dalam 4 golongan
besar
a. Peralatan manual : yaitu peralatan pengolahan data yang sangat
sederhana, dan faktor terpenting dalam
pemakaian alat adalah menggunakan tenaga
tangan manusia.5
b. Peralatan Mekanik : yaitu peralatan yang sudah berbentuk
mekanik yang digerakkan dengan tangan
secara manual.
c. Peralatan Mekanik Elektronik : Peralatan mekanik yang digerakkan oleh
secara otomatis oleh motor elektronik.
d. Peralatan Elektronik : Peralatan yang bekerjanya secara elektronik
penuh.
Beberapa peralatan yang telah digunakan sebagai alat hitung sebelum ditemukannya
komputer, sebagai berikut :
1) Abacus.
Muncul sekitar 5000 tahun yang lalu di Asia kecil dan masih digunakan di
beberapa tempat hingga saat ini, dapat dianggap sebagai awal mula mesin
komputasi. Alat ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan perhitungan
menggunakan biji-bijian geser yang diatur pada sebuh rak. Para pedagang di
masa itu menggunakan abacus utuk menghitung transaksi perdagangan. Seiring
dengan munculnya pensil dan kertas, terutama di Eropa, Abacus kehiangan
popularitas.
Gambar 1 : Abacus
2) Kalkulator Roda Numeric
Setelah hampir 12 abad, muncul penemuan lain dalam hal mesin komputasi.
Pada tahun 1642, Blaise Pascal (1623-1662), yang pada waktu itu berumur 18
tahun,menemukan apa yang ia sebut sebagai kalkulator roda numerik (numerical
wheel calculator) untuk membantu ayahnya melakukan perhitungan pajak.
Gambar 2 : Kalkulator Roda Numeric
Kotak persegi kuningan ini yang dinamakan Pascaline, menggunakan delapan
roda putar bergerigi untuk menjumlahkan bilangan hingga delapan digit. Alat ini
merupakan alat penghitung bilangan berbasis sepuluh. Kelemahan alat ini adalah
penggunaannya hanya terbatas untuk melakukan penjumlahan
3) Kalkulator roda numerik 2
Tahun 1694, seorang matematikawan dan filsuf Jerman, Gottfred Wilhem von
Leibniz (1646-1716) memperbaiki Pascaline dengan membuat mesin yang dapat
mengalikan. Sama seperti pendahulunya, alat mekanik ini bekerja dengan
menggunakan roda-roda gerigi. Dengan mempelajari catatan dan gambar-
gambar yang dibuat oleh Pascal, Leibniz dapat menyempurnakan alatnya.
4) Kalkulator Mekanik.
Charles Xavier Thomas de Colmar menemukan mesin yang dapat melakukan
empat fungsi aritmatik dasar. Kalkulator mekanik Colmar, arithometer,
mempresentasikan pendekatan yang lebih praktis dalam kalkulasi karena alat
tersebut dapat melakukan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan
pembagian. Dengan kemampuannya, arithometer banyak dipergunakan hingga
masa Perang Dunia I. Bersama-sama dengan Pascal dan Leibniz, Colmar
membantu membangun era komputasi mekanikal.
kesesuaian alam antara mesin mekanik dan matematika:mesin mekanik sangat baik
dalam mengerjakan tugas yang sama berulangkali tanpa kesalahan; sedang
matematika membutuhkan repetisi sederhana dari suatu langkah-langkah
tertenu.Masalah tersebut kemudain berkembang hingga menempatkan mesin
mekanik sebagai alat untuk menjawab kebutuhan mekanik. Usaha Babbage yang
pertama untuk menjawab masalah ini muncul pada tahun 1822 ketika ia
mengusulkan suatu mesin untuk melakukan perhitungan persamaan differensil.
Mesin tersebut dinamakan Mesin Differensial. Dengan menggunakan tenaga uap,
mesin tersebut dapat menyimpan program dan dapat melakukan kalkulasi serta mencetak secara otomatis.
Setelah bekerja dengan Mesin Differensial selama sepuluh tahun, Babbage tiba-tiba
terinspirasi untuk memulai membuat komputer general-purpose yang pertama, yang
disebut Analytical Engine. Asisten Babbage, Augusta Ada King (1815-1842) memiliki
peran penting dalam pembuatan mesin ini. Ia membantu merevisi rencana, mencari
pendanaan dari pemerintah Inggris, dan mengkomunikasikan spesifikasi Anlytical
Engine kepada publik. Selain itu, pemahaman Augusta yang baik tentang mesin ini
memungkinkannya membuat instruksi untuk dimasukkan ke dlam mesin dan juga
membuatnya menjadi programmer wanita yang pertama. Pada tahun 1980,
Departemen Pertahanan Amerika Serikat menamakan sebuah bahasa pemrograman
dengan nama ADA sebagai penghormatan kepadanya.
Pada 1889, Herman Hollerith (1860-1929) juga menerapkan prinsip kartu perforasi
untuk melakukan penghitungan. Tugas pertamanya adalah menemukan cara yang
lebih cepat untuk melakukan perhitungan bagi Biro Sensus Amerika Serikat. Sensus
sebelumnya yang dilakukan di tahun 1880 membutuhkan waktu tujuh tahun untuk
menyelesaikan perhitungan. Dengan berkembangnya populasi, Biro tersebut
memperkirakan bahwa dibutuhkan waktu sepuluh tahun untuk menyelesaikan
perhitungan sensus.
Pada masa berikutnya, beberapa insinyur membuat penemuan baru lainnya.
Vannevar Bush (1890-1974) membuat sebuah kalkulator untuk menyelesaikan
persamaan differensial di tahun 1931. Mesin tersebut dapat menyelesaikan
persamaan differensial kompleks yang selama ini dianggap rumit oleh kalangan
akademisi. Mesin tersebut sangat besar dan berat karena ratusan gerigi dan poros
yang dibutuhkan untuk melakukan perhitungan. Pada tahun 1903, John V. Atanasoff
dan Clifford Berry mencoba membuat komputer elektrik yang menerapkan aljabar
Boolean pada sirkuit elektrik. Pendekatan ini didasarkan pada hasil kerja George
Boole (1815-1864) berupa sistem biner aljabar, yang menyatakan bahwa setiap
persamaan matematik dapat dinyatakan sebagai benar atau salah. Dengan
mengaplikasikan kondisi benar-salah kedalam sirkuit listrik dalam bentuk terhubung-
terputus, Atanasoff dan Berry membuat komputer elektrik pertama di tahun 1940.
Namun proyek mereka terhenti karena kehilangan sumber pendanaan
2. Setelah Tahun 1940
Perkembangan komputer setelah tahun 1940 dibagi lagi menjadi 5 generasi.
a. Komputer Generasi Pertama ( 1940-1959 ).
Komputer generasi pertama ini menggunakan tabung vakum untuk memproses dan menyimpan data. Ia menjadi cepat panas dan mudah terbakar, oleh karena itu beribu-ribu tabung vakum diperlukan untuk menjalankan operasi keseluruhan komputer. Ia juga memerlukan banyak tenaga elektrik yang menyebabkan gangguan elektrik dikawasan sekitarnya.
Komputer generasi pertama ini 100% elektronik dan membantu para ahli dalam menyelesaikan masalah perhitungan dengan cepat dan tepat. Beberapa komputer generasi pertama :
a. ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Calculator )
b. EDVAC Computer.
c. EDSAC COMPUTER
d. UNIVAC 1 Computer.
Komputer ENIAC
ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Calculator ), Dirancang oleh Dr John Mauchly dan Presper Eckert pada tahun 1946. Komputer generasi ini sudah mulai menyimpan data yang dikenal sebagai konsep penyimpanan data (stored program concept) yang dikemukakan oleh John Von Neuman.
Gambar 3 : Komputer ENIAC
Komputer EDVAC
Penggunaan tabung vakum juga telah dikurangi di dalam perancangan komputer EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Computer) dimana proses perhitungan menjadi lebih cepat dibandingkan ENIAC.
Gambar 4 : Komputer EDVAC
Komputer EDSAC
EDSAC (Electonic Delay Storage Automatic Calculator) memperkenalkan penggunaan raksa (merkuri) dalam tabung untuk menyimpan data.
Gambar 5 : Komputer EDSAC
Komputer UNIVAC 1 Computer
Pada tahun 1951 Dr Mauchly dan Eckert menciptakan UNIVAC 1 (Universal Automatic Calculator ) komputer pertama yang digunakan untuk memproses data perdagangan.
b. Komputer Generasi Kedua ( 1959 ± 1964 )
Pada tahun 1948, penemuan transistor sangat mempengaruhi perkembangan komputer. Transistor menggantikan tabung vakum di televisi, radio, dan komputer. Akibatnya, ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis. Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956. Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding para pendahulunya. Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah superkomputer. IBM membuat superkomputer bernama Stretch, dan Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC. Komputer-komputer ini, yang dikembangkan untuk laboratorium energi atom, dapat menangani data dalam jumlah yang besar. Mesin tersebut sangat mahal dan cenderung terlalu kompleks untuk kebutuhan komputasi bisnis, sehingga membatasi kepopulerannya. Hanya ada dua LARC yang pernah dipasang dan digunakan: satu di Lawrence Radiation Labs di Livermore, California, dan yang lainnya di US Navy Research and Development Center di Washington D.C.
Komputer generasi kedua menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatansingakatan untuk menggantikan kode biner. Pada awal 1960-an, mulai bermunculan komputer generasi kedua yang sukses di bidang bisnis, di universitas, dan di pemerintahan. Komputer-komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor. Mereka juga memiliki komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dengan komputer pada saat ini: printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi, dan program.
Salah satu contoh penting komputer pada masa ini adalah IBM 1401 yang diterima secaa luas di kalangan industri. Pada tahun 1965, hampir seluruh bisnisbisnis besar menggunakan komputer generasi kedua untuk memproses informasi keuangan. Program yang tersimpan di dalam komputer dan bahasa pemrograman yang ada didalamnya memberikan fleksibilitas kepada komputer. Fleksibilitas ini meningkatkan kinerja dengan harga yang pantas bagi penggunaan bisnis. Dengan konsep ini, komputer dapa tmencetak faktur pembelian konsumen dan kemudian menjalankan desain produk atau menghitung daftar gaji. Beberapa bahasa pemrograman mulai bermunculan pada saat itu. Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) mulai umum digunakan. Bahasa pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat, dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia. Hal ini memudahkan seseorang untuk memprogram dan mengatur komputer. Berbagai macam karir baru bermunculan (programmer, analyst, dan ahli sistem komputer). Industri piranti lunak juga mulai bermunculan dan berkembang pada masa komputer generasi kedua ini.
c. Komputer Generasi Ketiga ( 1964 ± AWAL 80AN )
Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) di tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Para ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponenkomponen dapat dipadatkan dalam chip.
Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.
d. Komputer Generasi Keempat ( AWAL 80AN - ??? )
Setelah IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada ahun 1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal.
Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan. Kemampuan untuk memasang sedemikian banyak komponen dalam suatu keping yang berukurang setengah keping uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran komputer. Hal tersebut juga meningkatkan daya kerja, efisiensi dan keterandalan komputer. Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971 membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing unit, memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil. Sebelumnya, IC dibuat untuk mengerjakan suatu tugas tertentu yang spesifik.Sekarang, sebuah mikroprosesor dapat diproduksi dan kemudian diprogram untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang diinginkan. Tidak lama kemudian, setiap perangkat rumah tangga seperti microwave oven, televisi, dn mobil dengan electronic fuel
injection dilengkapi dengan mikroprosesor. Perkembangan yang demikian memungkinkan orang-orang biasa untuk menggunakan komputer biasa. Komputer tidak lagi menjadi dominasi perusahaan-perusahaan besar atau lembaga pemerintah.
Pada pertengahan tahun 1970-an, perakit komputer menawarkan produk komputer mereka ke masyarakat umum. Komputer-komputer ini, yang disebut minikomputer, dijual dengan paket piranti lunak yang mudah digunakan oleh kalangan awam. Piranti lunak yang paling populer pada saat itu adalah program word processing dan spreadsheet. Pada awal 1980-an, video game seperti Atari 2600 menarik perhatian konsumen pada komputer rumahan yang lebih canggih dan dapat diprogram.
Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah. Jumlah PC yang digunakan melonjak dari 2 juta unit di tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit di tahun 1982.
Sepuluh tahun kemudian, 65 juta PC digunakan. Komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil, dari komputer yang berada di atas meja (desktop computer) menjadi komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop), atau bahkan komputer yang dapat digenggam (palmtop).
IBM PC bersaing dengan Apple Macintosh dalam memperebutkan pasar komputer. Apple Macintosh menjadi terkenal karena mempopulerkan sistem grafis pada komputernya, sementara saingannya masih menggunakan komputer yang berbasis teks. Macintosh juga mempopulerkan penggunaan piranti mouse.
Pada masa sekarang, kita mengenal perjalanan IBM compatible dengan pemakaian CPU: IBM PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV (Serial dari CPU buatan Intel). Juga kita kenal AMD k6, Athlon, dsb. Ini semua masuk dalam golongan komputer generasi keempat.
Seiring dengan menjamurnya penggunaan komputer di tempat kerja, cara-cara baru untuk menggali potensial terus dikembangkan. Seiring dengan bertambah kuatnya suatu komputer kecil, komputer-komputer tersebut dapat dihubungkan secara bersamaan dalam suatu jaringan untuk saling berbagi memori, piranti lunak, informasi, dan juga untuk dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Komputer jaringan memungkinkan komputer tunggal untuk membentuk kerjasama elektronik untuk menyelesaikan suatu proses tugas. Dengan menggunakan perkabelan langsung (disebut juga local area network, LAN), atau kabel telepon, jaringan ini dapat berkembang menjadi sangat besar.
e. Komputer Generasi Kelima ( Masa Depan )
Banyak kemajuan di bidang desain komputer dan teknologi semkain memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model non Neumann. Model non Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak. Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi.
Jepang adalah negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek komputer generasi kelima. Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) juga dibentuk untuk merealisasikannya. Banyak kabar yang menyatakan bahwa proyek ini telah gagal, namun beberapa informasi lain bahwa keberhasilan proyek komputer generasi kelima ini akan membawa perubahan baru paradigma komputerisasi di dunia. Kita tunggu informasi mana yang lebih valid dan membuahkan hasil.
BAB 3
Sistem Perangkat Lunak
A. Perangkat Lunak (Software)
Perangkat lunak (software) komputer adalah suatu perangkat yang berisi serangkaian instruksi, program, prosedur, pengendali, pendukung, dan aktifitas-aktifitas pengolahan perintah pada sistem komputer.[1] Jadi software merupakan komponen abstrak dari susunan sistem komputer. Tanpa software, komputer adalah rongsokan elektronik, jadi komputer adalah susunan atas hardware dan software yang saling bekerjasama. Hardware komputer akan “hidup” dan memiliki fungsi jika digunakan bersama-sama dengan software-nya. Perangkat Keras (hardware) tidak dapat berjalan tanpa adanya perangkat lunak (software). Hardware hanya mengenali instruksi-instruksi yang diberikan oleh software.
Gambar 1 : Hubungan Software Dan Hardware
Secara umum fungsi dari software komputer yang utama adalah :
1. Melakukan aktifitas bersama-sama dengan hardware.
2. Menyediakan segala sumber daya yang bisa digunakan pada sebuah komputer.
3. Bertindak sebagai perantara antara pengguna (user) dengan perangkat keras (hardware) untuk melakukan aktifitas dengan perintah yang harus dilakukan dalam software komputer.
Perangkat lunak dapat digolongkan menjadi dua, yaitu ;
a. Software sistem : yang mengoperasikan sistem komputernya, yang dibagi menjadi:
a. Software operasi (operating system)
Program yang ditulis untuk mengendalikan dan mengkoordinasi operasi pada sistem komputer.Sistem operasi fungsinya mengaktifkan hardware, supaya sistem operasi dapat aktif maka diletakkan di RAM.
Sistem operasi aktif di RAM mengatur dan mengawasi proses dari program komputer dan penggunaan alat-alat pada komputer.
b. Software sistem bantuan (utility)
Sebuah program komputer, misalnya memformat HD, menyalin disk, membersihkan virus, dan lain-lain (diantaranya : diskkeaper, norton, partion magic, dan lain-lain)
c. Software bahasa (language)
Untuk menterjemahkan instruksi-instruksi yang ditulis dalam bahasa pemrograman ke dalam bahasa mesin yang dapat dimengerti komputer (contoh : Pascal, COBOL, Fortran, Asembly, dan lain-lain).
b. Software Aplikasi (application)
Program yang ditulis dan diterjemahkan oleh language software untuk menyelesaikan aplikasi tertentu (Pengolah kata, image, video, dan lain-lain). Perangkat lunak Aplikasi terdiri dari program aplikasi untuk tujuan umum (general purpose application program) dan program untuk aplikasi khusus (Application Special Program).
Gambar 2 :Stuktur Software
B. Sistem Operasi
Sistem operasi / operating systems (OS) merupakan perangkat lunak yang berfungsi melakukan operasi yang mengurusi tentang segala aktifitas komputer seperti mendukung operasi sistem aplikasi dan mengendalikan semua perangkat komputer agar dapat berjalan selaras dengan fungsinya. operating systems (OS) mengontrol semua sumber daya komputer dan menyediakan landasan sehingga sebuah program aplikasi dapat ditulis dan dijalankan.[1] Contohnya :
1. Apple DOS (apple)
2. DOS (disk operating system)
3. Windows (3.1,3.11,95,98,2000,NT, XP, Long horn)
4. UNIX dan Linux
5. Mac OS (Macintosh)
6. FreeBSD
7. Solaris
8. Novell
C. Komponen-Komponen Sistem Operasi
Sistem operasi terdiri dari 2 bagian, yaitu Control Program dan User Interface. Control Program tersimpan dalam ROM (Read Only Memory) disebut resident memory. Control Program tersimpan di disk disebut disk operating system (DOS).
1. Fungsi Sistem Operasi
1. Multitasking Memungkinkan beberapa program skaligus diproses pada saat bersamaan di sebuah komputer dengan single user.
2. Multiprogramming
Memungkinkan beberapa program menggunakan resources komputer pada saat waktu yang bersamaan bergantian (ex ; proses memasukan data, melakukan cetak pada printer).
3. Time Sharing
Memungkinkan beberapa pemakai komputer menggunakan CPU bersamaan dan CPU akan memberikan waktunya bergantian kepada user untuk melayaninya.
4. Multiprocessing
Memungkinkan beberapa CPU bekerja bersama-sama secara pararel dalam suatu sistem.
2. Software Sistem Bantuan
Merupakan sistem operasi menyediakan fasilitas program bantuan (tools), diantaranya : memformat, menyalin, mengecek, menangani file serta menangani tampilan, Defragmentasi, Copy, Delete, Zip, burn, dan lain-lain.
1. Software Bahasa
Merupakan program khusus yang dibuat oleh vendor, yang digunakan untuk mengembangkan program aplikasi. Software Bahasa berfungsi sebagai penterjemah antara program yang ditulis dengan bahasa manusia menjadi bahasa mesin (machine language) yang dibaca oleh komputer.
a. Perangkat Lunak Bahasa Generesi Pertama
Perangkat Lunak Bahasa Generesi Pertama menggunakan bahasa Mesin. Bahasa mesin dituliskan berupa suatu instruksi program dengan menggunakan kode binary, misalnya 00010100001.
b. Perangkat Lunak Bahasa Generesi Kedua
c. Beranjak dari sulitnya bahasa mesin, maka dibuat bahasa generasi kedua yaitu assembler. Assembler menterjemahkan program aplikasi yang ditulis dengan bahasa perakit menjadi bahasa mesin, yang ditulis dengan kode simbolik (mnemonic).
d. Perangkat Lunak Bahasa Generesi Ketiga
Beranjak dari kesulitan dan fungsi yang terbatas, dikembangkan bahasa generasi ketiga, yaitu bahasa tingkat tinggi, sebagai berikut :
1. Bahasa prosedural, yang ditulis dengan prosedur tertentu, urut dari awal sampai akhir sesuai dengan algoritmanya
2. Bahasa compiler dan interpreter, FORTRAN, COBOL, PASCAL, C, BASIC
a. Interpreter merupakan program untuk menterjemahkan program yang ditulis dengan bahasa tingkat tinggi ke bahasa mesin.
b. Compiler = program dibuat dulu lalu di compile dengan compilernya
c. Interpreter = source program baris demi baris diterjemahkan oleh interpreternya
d. BASIC = Beginner All Purpose Symbolic Instruction Code, diciptakan John
G. Kemeny dan Thomas E. Kurtz
e. FORTRAN = FORmula TRANslator, berorientasi pada masalah tertentu
(rumus-rumus aritmatik)
f. COBOL = Common Business Oriented Language, pada masalah bisnis.
g. Pascal = oleh Prof. Niklasu Wirth, bahasa populer dari pelajar hingga mahasiswa.
h. C dan C++ = oleh Dennis M.Ritchie, dasar dari OS dan aplikasi yang terkenal.
e. Perangkat Lunak Bahasa Generesi Keempat
Sudah menggunakan bahasa non Prosedural, karena user dapat membuat aplikasi dengan mudah. Bahasa non Prosedural memberikan instruksi apa yang harus diselesaikan bukan mengintruksi secara rinci serta mengelompokkannya (contohnya : Bahasa queri, report, graphics, aplikasi).
f. Perangkat Lunak Bahasa Lainnya 1) Bahasa Visual, OOP, HTML, Java.
2) Visual : Berorintasi objek, langsung drag and drop. Ex = visual basic, delphi, foxpro, access, dan lain-lain.
3) Java : Berorientasi objek digunakan untuk lintas platform dan OS (banyak variannya).
4) HTML : Hypertext Markup Langguage, membuat halaman hypermedia di
Internet.
D. Software Aplikasi
Merupakan perangkat lunak siap pakai yang nantinya akan digunakan untuk membantu melaksanakan pekerjaan penggunaannya. Merupakan program yang dikembangkan (sendiri, atau dibeli dari pemasok luar) untuk memenuhi kebutuhan tertentu penggunaanya.[1]
Secara umum perangkat lunak aplikasi dapat dibagi menjadi :
1. General business management
Membuat fungsi-fungsi spesifik yang dilakukan dalam bisnis sehari-hari berjalan secara otomatis, seperti pembayaran, manajemen proyek, kontrol inventori, dan lain sebagainya.
2. Industry – specific
Perangkat lunak aplikasi khusus yang digunakan untuk membantu pelaksanaan tugas khusus dalam industri terrtentu. Contohnya: SIA, SISDM, SIPRO
3. Custom – developed
4. Education software
Membantu kita dalam mempelajari topik-topik spesifik dari suatu disiplin ilmu. Contohnya : perangkat lunak Microsoft ENCARTA adalah suatu ensiklopedi multimedia.
5. Personal Productivity Software
Mencakup
Word Processing, Desktop Publishing, Spreadsheet, Presentation Graphics,
Communication, Personal Information Management.
6. Groupware
7. Specialized software tools
E. Beberapa Jenis Software Aplikasi, yaitu :
1. Pengolah Kata (Word Processing), contoh :
a. Microsoft (Word, word perfect)
2. Pengolah tabel(spread sheet)
b. Lotus (Amipro, Lotus suite)
c. Excel
3. Pengolah data
5. Pengolah Images (video), contoh :
d. Adobe (Photoshop, pagemaker, primere,…)
e. Corel (Corel draw, photopaint, ventura,…)
f. Ulead (Photo impact, video,…)
6. Pembangun Web (WYSWG)
g. Macromedia (Firework, Dreamweaver, flash)
h. Adobe (Adobe go live,..
i. Microsoft (Front page, liquid motion)
BAB 4
Pemrosesan Data
A. Pengertian Data
Data adalah suatu penggambaran fakta , pengertian instruksi yang dapat disampaikan dan diolah oleh manusia atau mesin. Contoh : data berupa angka , karakter, alphabet, simbol, gambar, suara dan lain-lain. Pengolahan data pada komputer tergantung pada CPU, memory dan I/O Device.
Mikroprosesor merupakan sebuah CPU yang dibangun pada sebuah silicon chip. CPU digunakan sebagai suatu sirkit elektronik yang dapat mengintrepretasi, mengeksekusi instruksi, dan mengendalikan I/O.
Gambar 1 : Konfigurasi komputer secara umum
B. Process Device
Otak sebuah komputer berada pada unit pemrosesan. Unit pemrosesan ini dinamakan CPU. Fungsi CPU adalah sebagai pemroses dan pengolah data yang selanjutnya dapat menghasilkan suatu informasi yang diperlukan. Pada komputer mikro unit pemrosesan ini disebut dengan (pemroses mikro) atau processor yang berbentuk yang terdiri dari ribuansampai jutaan IC. Fungsi utama dari CPU bekerja dengan aritmatika dan logika terhadap data yang terdapat dalam memori atau yang dimasukkan melalui unit masukkan sepertikeyboard, scanner, atau joystick. Kecepatan atau CPU ini diukur dengan satuan hitung hertz atau clock cycles. Saat ini, komputer memiliki kecepatan processor sampai giga hertz. 1 Giga Herzt sama dengan 1.000.000.000 herzt.
Perkembangannya processor yang pertama kali muncul tahun 1990-an adalah pentium dengan kecepatan 75 Mega Hertz, dan saat ini kecepatannya sudah mencapai 3 Giga Hertz lebih dengan processor Pentium IV. Seiring dengan kecepatan Pentium IV, telah pula diperkenalkan processor dengan teknologi mobile yaitu Centrino (Pentium M – Centrino) jenis processor ini baru terdapat pada komputerkomputer built up, laptop, notebook.
Salah satu processor adalah Dual Core (Core Duo). Processor ini memiliki dua kecepatan giga hertz seperti memiliki dua processor. Beberapa produsen processor yang terkenal adalah Intel, AMD dan Cyrix. CPU bekerja berdasarkan instruksi suatu software, atau instruksi suatu program.
Pemrosesan data adalah pengubahan atau transformasi simbol-simbol seperti nomor dan huruf untuk tujuan peningkatan kegunaannya.
Sistem Pemrosesan Data adalah :
Sistem yang melakukan pengolahan data. Contoh : sistem pengolahan data penjualan, sistem pengolahan data pegawai dan lain-lain.
C. Tujuan Dan Fungsi Pemrosesan Data
Tujuan Pemrosesan Data yaitu :
Untuk mengambil informasi asli (data) dan darinya menghasilkan informasi lain dalam bentuk yang berguna (hasil).
Fungsi dasar Pemrosesan Data :
1. Mengambil program dan data (masukan / input.
2. Menyimpan program dan data serta menyediakan untuk pemrosesan.
3. Menjalankan proses aritmatika dan logika pada data yang disimpan.
4. Menyimpan hasil antara dan hasil akhir pengolahan.
5. Mencetak atau menampilkan data yang disimpan atau hasil pengolahan.
D. Perangkat Pemrosesan (CPU)
CPU merupakan unit pengolah data, sering disebut dengan “otak” komputer atau processor[1]. Terdiri dari CU, ALU, dan Memory.
1. Control Unit (CU)
Control Unit bertugas untuk menerjemahkan perintah atau instruksi secara berurutan yang kemudian diteruskan ke seluruh bagian komputer. Unit kendali atau control Unit (CU) ini berupa chips electronik yang menggunakan sinyal electrik yang mengarahkan keseluruhan sistem komputer untuk melaksanakan suatu arus data. Dalam melakukan aktifitasnya, CU selalu berkomunikasi terutama dengan ALU dan memori untuk memastikan kelancaran sebuah sistem komputer. Ia juga bertanggung jawab untuk menentukan operasai – operasi apa yang akan dipanggil oleh program dan dengan cara bagaimana operasi – operasi tersebut dilaksanakan.
CU ( Control Unit ) dalam operasinya memiliki tugas sebagai berikut :
a. Melakukan pengiriman instruksi ke ALU bila ada sebuah proses perhitungan aritmatic dan logic dan mengawasi kerja ALU itu sendiri.
b. Menyimpan hasil proses ke memory.
c. Mengambil instruksi – instruksi dan data dari memory saat diperlukan sebuah proses.
d. Mengatur dan mengendalikan alat – alat input dan output (I/O).
e. Mengambil data dari memori utama (jika diperlukan) untuk diproses.
Fungsi unit CU adalah untuk melakukan pengontrolan dan pengendalian terhadap suatu proses yang dilakukan sebelum data tersebut dikeluarkan (output). Selain itu CU menafsirkan perintah dan menghasilkan sinyal yang tepat untuk bagian lain dalam sistem komputer. Unit ini mengatur kapan alat input menerima data dan kapan data diolah serta kapan ditampilkan dari program komputer. Bila terdapat instruksi perhitungan atau logika maka unit ini akan mengirim instruksi tersebut ke ALU.
2. Arithmatic Logic Unit (ALU)
ALU singkatan dari Arithmetic Logic Unit (Bahasa Indonesia: Unit Aritmetika dan Logika), adalah salah satu bagian dalam dari sebuah mikroprosesor yang berfungsi untuk melakukan operasi hitungan aritmetika dan logika. Contoh operasi aritmetika adalah operasi penjumlahan dan pengurangan, sedangkan contoh operasi logika adalah logika AND dan OR[2].
ALU bertugas melakukan semua perhitungan aritmatika dan logika yang terjadi sesuai dengan instruksi program. Register merupakan ruang tampat penyimpanan instruksi dan data yang sedang di proses oleh CPU. Register merupakan komponen dalam CPU yang melaksanakan semua perintah yang berhubungan dengan operasi aritmatik dan logika yang diperintahkan oleh program. Hasil operasi pada ALU akan diberikan kepada CU sebelum ditampilkan kelayar monitor. Sedang instruksi-instruksi dan data lainnya yang menunggu giliran untuk diproses masih disimpan di memori utama. Primary Storage merupakan ruang penyimpanan yang berisi data yang sedang diolah program yaitu berisi suatu daftar instruksi yang mengolah data. Primary Storage terdiri dari RAM, ROM, Cache Memory Secondary Storage merupakan penyimpanan cadangan / tambahan. Contoh : disket, hardisk, magnetic tape dll.
Operasi yang dilakukan ALU seperti :
a. Penambahan ( + )
b. Pengurangan ( – )
c. pembagian ( / )
d. dan perkalian ( * )
Sedangkan operasi logika seperti :
a. Operasi Boolean ( OR, AND, Not )
Operasi Perbandingan [ sama dengan ( = ), tidak sama dengan ( ), kurang dari ( ), kurang atau sama dengan dari ( = ).
3. Sistem Kerja ALU dan CU :
a. Langkah pertama, CU mengambil intruksi (berupa kode) yang tersimpan di dalam memory,
b. Kemudian instruksi – instruksi tersebut di pindahkan ke dalam memory sementara dan diterjemahkan. Instruksi – instruksi tersebut menentukan
proses apa yang akan dilakukan selanjutnya. Sebagai contoh, jika hasil pemecahan kode manginginkan penjumlahan dari suatu angka, maka CU akan mengirimkan tugas tersebut kapada ALU dan ALU yang akan memproses perhitungan tersebut hingga memperoleh hasil penjumlahan nya.
Dan yang terakhir adalah proses penulisan hasil, dalam proses ini hasil perhitungan tadi sisimpan dahulu di dalam suatu media penyimpanan kemudian ditampilkan. Hasil yang tersimpan tersebut dapat diakses di kemudian hari untuk digunakan untuk keperluan tertentu.
4. Memory (Pengingat)
Memory adalah (atau lebih tepat disebut memori fisik) merupakan istilah generik yang merujuk pada media penyimpanan data sementara pada komputer. Setiap program dan data yang sedang diproses oleh prosesor akan disimpan di dalam memori fisik.[1]
Register adalah sejumlah kecil memori komputer yang bekerja dengan kecepatan sangat tinggi yang digunakan untuk melakukan eksekusi terhadap program-program komputer dengan menyediakan akses yang cepat terhadap nilai-nilai yang umum digunakan. Umumnya nilai-nilai yang umum digunakan adalah nilai yang sedang dieksekusi dalam waktu tertentu.[2]
Register adalah bagian terkecil dari memory dan terletak di dalam CPU. Register paling sering digunakan sebagai media penyimpanan sementara hasil dari suatu proses. Registers mempunyai dua fungsi dasar, yaitu pertama untuk memungkinkan program bahasa mesin atau assembly menggunakan main memory yang minimal tetapi menggunakan registers sebagai penggantinya. Kedua, digunakan oleh CU untuk mengontrol operasi dari CPU, program sistem operasi untuk mengontrol jalanya suatu program.
Registri yang sering digunakan diantaranya adalah :
a. Memory Buffer Registry ( MBR ) berisi sebuah word yang akan disimpan didalam memori atau digunakan untuk menerima word ( susunan data bit ) dari memory.
b. Memory Address Register (MAR) berfungsi menentukan alamat word di memori untuk dituliskan dari MBR atau dibaca ke MBR.
c. Instruction Registry (IR) berisi instruksi 8 bit op-code (kode operasi) yang akan di eksekusi.
d. Instruction Buffer Registry ( IBR ) berfungsi untuk menyimpan sementara instruksi sebelah kanan word didalam memory.
e. Program computer ( PC ) berisi alamat pasangan instruksi berikutnya yang akan diambil dari memory.
f. Accumulator (AC) dan Multiple Quontient (MQ) berfungsi untuk menyimpan sementara operand dan hasil operasi ALU seperti hasil perkalian dua buah bilangan 40 bit adalah bilangan 80 bit, 40 bit yang
paling berarti (most significant bit) disimpan didalam AC dan 40 bit yang kurang berarti (Last significant bit) disimpan di MQ.
Saat ini ingatan otak kita telah tersimpan suatu instruksi, nilai A, dan nilai B, sehingga nilai C dapat dihitung yaitu sebesar 5 (proses perhitungan ini dilakukan di ALU). Hasil dari perhitungan ini perlu dituliskan kembali ke meja (hasil pengolahan disimpan kembali ke memori utama). Setelah semua selesai, kemungkinan data, program, dan hasilnya disimpan secara permanen untuk keperluan di lain hari sehingga perlu disimpan di dalam lemari kabinet (penyimpanan sekunder).
Dengan demikian, ada tiga macam memori yang dipergunakan di dalam sistem komputer, yaitu:
1. Register, digunakan untuk menyimpan instruksi dan data yang sedang diproses.
2. Main memory, dipergunakan untuk menyimpan instruksi dan data yang akan diproses dan hasil pengolahan.
3. Secondary storage, dipergunakan untuk menyimpan program dan data secara permanen.
A. Register terdiri dari :
1. Instruction Register (IR) digunakan untuk menyimpan instruksi yang sedang diproses.
2. Program Counter (PC) adalah register yang digunakan untuk menyimpan alamat lokasi dari memori utama yang berisi instruksi yang sedang diproses. Selama pemrosesan instruksi oleh CPU, isi dari PC diubah menjadi alamat dari memori utama yang berisi instruksi berikutnya yang mendapat giliran akan diproses, sehingga bila pemrosesan sebuah instruksi selesai maka jejak instruksi selanjutnya di memori utama dapat dengan mudah didapatkan.
3. General purpose register, yaitu register yang mempunyai kegunaan umum yang berhubungan dengan data yang sedang diproses. Sebagai contoh, register jenis ini yang digunakan untuk menampung data yang sedang diolah disebut dengan operand register, sedang untuk menampung hasil pengolahan disebut accumulator.
4. Memory data register (MDR) digunakan untuk menampung data atau instruksi hasil pengiriman dari memori utama ke CPU atau menampung data yang akan direkam ke memori utama dari hasil pengolahan oleh CPU.
5. Memory address register (MAR) digunakan untuk menampung alamat data atau instruksi pada memori utama yang akan diambil atau yang akan diletakkan.
B. Sebagai tambahan dari register :
1. Beberapa CPU menggunakan suatu cache memory yang mempunyai kecepatan sangat tinggi dengan tujuan agar kerja dari CPU lebih efisien dan mengurangi waktu yang terbuang.
2. Tanpa cache memory, CPU akan menunggu sampai data atau instruksi diterima dari memori utama, atau menunggu hasil pengolahan selesai dikirim ke memori utama baru proses selanjutnya bisa dilakukan. Padahal proses dari memori utama lebih lambat dibanding kecepatan register sehingga akan banyak waktu terbuang.
3. Dengan adanya cache memory, sejumlah blok informasi pada memori utama dipindahkan ke cache memory dan selanjutnya CPU akan selalu berhubungan dengan cache memory.
BAB 5
Pemrosesan Data Lanjutan
A. Central
Processing Unit (CPU)
Central Processing Unit (CPU) dalah sirkuit elektronik di dalam komputer yang menjalankan instruksi yang membentuk program komputer. CPU melakukan operasi aritmatika, logika, pengendalian, dan input/output (I/O) dasar yang ditentukan oleh instruksi dalam program.
Telah dijelaskan pada bab
sebelumnya dalam mewujudkan fungsi dan tugasnya, CPU tersusun atas beberapa
komponen, yaitu Arithmetic and Logic Unit (ALU), Control Unit, Registers dan
CPU Interconnections.
B. Fungsi
CPU
Menjalankan program-program yang
disimpan dalam memori utama dengan cara mengambil instruksi – instruksi,
menguji instruksi tersebut dan mengeksekusinya satu persatu sesuai alur
perintah.
Gambar 2 : CPU pada Komputer
Pandangan paling sederhana proses
eksekusi program adalah dengan mengambil pengolahan instruksi yang terdiri dari
dua langkah, yaitu :
-
Operasi pembacaan instruksi (fetch)
-
Operasi pelaksanaan instruksi (execute)
C. Aksi CPU
-
CPU – Memori, perpindahan data dari CPU ke
memori dan sebaliknya.
-
CPU –I/O, perpindahan data dari CPU ke modul I/O
dan sebaliknya.
-
Pengolahan Data, CPU membentuk sejumlah operasi
aritmatika dan logika terhadap data.
-
Kontrol, merupakan instruksi untuk pengontrolan
fungsi atau kerja. Misalnya instruksi pengubahan urusan eksekusi.
D. Siklus Fetch – Eksekusi(DI
LAKSANAKAN/JALANKAN) :
•
Pada setiap siklus instruksi, CPU awalnya akan
membaca instruksi dari memori.
•
Terdapat register dalam CPU yang berfungsi
mengawasi dan menghitung instruksi selanjutnya, yang disebut Program Counter
(PC).
•
PC akan menambah satu hitungannya setiap kali
CPU membaca instruksi.
•
Instruksi-instruksi yang dibaca akan dibuat
dalam register instruksi (IR).
•
Instruksi-instruksi ini dalam bentuk kode-kode
binner yang dapat diinterpretasikan(di terjemahkan) oleh CPU kemudian dilakukan
aksi yang diperlukan.
Gambar 2 :
Flowchart Siklus siklus fetch dan siklus eksekusi
Siklus
Instruksi :
•
Instruction Addess Calculation (IAC), yaitu
mengkalkulasi atau menentukan alamat instruksi berikutnya yang akan dieksekusi.
Biasanya melibatkan penambahan bilangan tetap ke alamat instruksi sebelumnya.
Misalnya, bila panjang setiap instruksi 16 bit padahal memori memiliki panjang
8 bit, maka tambahkan 2 ke alamat sebelumnya.
•
Instruction Fetch (IF), yaitu membaca atau
pengambil instruksi dari lokasi memorinya ke CPU.
•
Instruction Operation Decoding (IOD), yaitu
menganalisa instruksi untuk menentukan jenis operasi yang akan dibentuk dan
operand yang akan digunakan.
•
Operand Address Calculation (OAC), yaitu
menentukan alamat operand, hal ini dilakukan apabila melibatkan referensi
operand pada memori.
•
Operand Fetch (OF), adalah mengambil operand
dari memori atau dari modul I/O.
•
Data Operation (DO), yaitu membentuk operasi
yang diperintahkan dalam instruksi.
•
Operand store (OS), yaitu menyimpan hasil
eksekusi ke dalam memori.
Gambar 3 :
Diagram Siklus Instruksi
DAFTAR PUSTAKA
Jogiyanto Hartono, MBA, Ph.D, (1999),
"Pengenalan Komputer”, Edisi kedua, Yogyakarta: Penerbit ANDI.
V. C. Hamacher, Z.G.Vranesic, dan
S.G.Zaky, (2001), Computer Organization, McGraw-Hill
Annisa Puspa Kirana, (2020), “Perangkat Lunak Komputer
(Software)”.
Samsudin, dkk, (2019), “Pengenalan
Komputer” dan Teknologi Informasi, Cetakan Pertama, Medan: Penerbit PERDANA
PUBLISHING.
https://id.wikipedia.org/wiki/Unit_aritmatika_dan_logika
https://id.wikipedia.org/wiki/Memori_(komputer)
https://id.wikipedia.org/wiki/Register_prosesor
https://id.wikipedia.org/wiki/Unit_Pemroses_Sentral#cite_note-1
https://id.wikipedia.org/wiki/Memori_akses_acak
https://id.wikipedia.org/wiki/Penyimpanan_magnetik#:~:text=Penyimpanan%20ma
gnetik%20(bahasa%20Inggris%3A%20Magnetic,di%20atas%20permukaan%2
0piringan%20tersebut.
https://id.wikipedia.org/wiki/I/O
https://id.wikipedia.org/wiki/Bus_sistem#:~:text=System%20bus%20atau%20bus
%20sistem,data%20dapat%20mengalir%20dalam%20komputer.
Komentar
Posting Komentar